Selasa, 04 September 2012

TIPS MEMBANGUN RUMAH TAHAN GEMPA

Posisi indonesia yang terletak di daerah rawan gempa memksa kita untuk lebih cermat dalam membangun sebuah rumah yang aman..pengalaman dari gempa dan tsunami dahsyat di 2004 silam lalu.membuka mata para perencana rumah agar mengembangkan konsep tahan gempa..

Sebenarnya hal yang terpenting dalam pembutan rumah tahan gempa ialah detail pembuatan dan penempatan sengkang (ring pada balok) dengan benar...dengan penempatan posisi sengkang yang benar dapat menahan rumah agar tidak roboh saat di goyang gempa..jarak kerapatan sengkang satu sama lain adalah 5cm..

namun dari pengamatan para ahli kontruksi sebagian rumah saat membangun tidak memperhatikan dasar-dasar teknis membangun yang benar. Seperti sloof ada yang tidak menggunakan besi yaitu dibuat dengan rolag ( pasangan 1 bata disusun miring), kolom menggunakan pasangan 1 bata, diatas dinding tidak diberi ring balk,(mungkin diantara pembaca ada yang bingung apa yang dimaksud dengan ring balk, sloof dan lain-lain..tidak ada ikatan antara dinding dan kuda-kuda, ada juga yang menggunakan sloof dan kolom beton tetapi besi maupun ukuran tidak sesuai yang disaratkan oleh Peraturan Beton Indonesia.
Saya sempat mengamati ada rumah yang hampir roboh, dindingnya sudah miring, ternyata ujung dari besi ring balk tidak di kni atau di tekuk, saat terjadi pergerakan, ikatan ring balk lepas.





Agar Struktur rumah yang kita buat tahan terhadap geseran ataupun gempa ( tidak roboh seketika) perlu diperhatikan dasar-dasar membangun rumah yang benar mulai dari cara membuat fondasi, membuat sloof

Dan juga perlu diperhatikan prinsip dasar agar rumah tersebut tahan terhadap gempa , setiap struktur dari bangunan harus terikat dengan baik, seperti fondasi dengan sloof, sloof dg kolom dan dinding, kolom dengan ring balk dan seterusnya, dan juga perlu diperhatikan kwalitas dari bahan bangunan, ada juga rumah yang roboh bukan masalah struktur, tetapi kwalitas bahan bangunan yang kurang baik.


(semoga menjadi pengetahuan untuk anda walaupun agak kurang jelas)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar